FILOSOFI TOPLES

FILOSOFI TOPLES

Seorang profesor sedang mengajar dikelas filsafat. saat kelas dimulai, dia mengambil toples kosong dan mengisi dengan bola-bola golf. kemudian berkata pada murid muridnya, apakah toples sudah penuh.....? Mereka setuju !!!!!


kemudian dia menuangkan batu koral kedalam toples, dan mengguncangnya dengan ringan. Batu2 koral mengisi tempat yg kosong di antara bola2 golf. kemudian dia bertanya kepada murid2 nya lagi apakah toples sudah penuh ????
Mereka setuju !!!!!!

Selanjutnya dia menabur pasir ke dalam toples......tentu saja pasir menutupi semuanya. Profesor sekali lagi bertanya pada murid-murid nya. apakah toples sudah penuh ????? Para murid berkata, ' yes '.....!!!!!!

kemudian dia menuangkan dua cangkir kopi kedalam toples, dan secara efektif mengisi ruangan kosong di antara pasir. Para murid tertawa.....

" sekarang saya ingin kalian memahami bahwa toples ini mewakili kehidupan mu. "

" Bola-bola golf adalah hal penting ; tuhan, keluarga, anak-anak dan kesehatan.
" jika yang lain hilang dan hanya tinggal mereka, maka hidupmu masih tetap penuh. "
" Batu-batu koral adalah hal-hal lain seperti pekerjaanmu, rumah dan mobil. "
" jika kalian pertama kali memasukkan pasir kedalam toples, maka tidak akan tersisa ruangan untuk batu2 koral ataupun untuk bola-bola golf.

Hal yang sama akan terjadi di hidup mu. jika kalian menghabiskan energi untuk hal-hal sepele, kalian tidak akan mempunyai ruang untuk hal-hal yang penting buat kalian. jadi beri perhatian untuk hal-hal yang penting untuk kebahagiaanmu.....bermainlah dengan anak-hal mu. luangkan waktu untuk check up kesehatan. ajak pasanganmu untuk keluar makan malam. berikan perhatian terlebih dahulu kepada bola-bola golf. hal2-hal yang benar-benar penting. atur prioritasmu. baru yang terakhir urus pasirnya......

" salah satu murid mengangkat tangan dan bertanya, ' kopi mewakili apa ? Profesor tersenyum, ' saya senang kamu bertanya. "

" itu untuk menunjukkan kepada kalian, sekalipun hidupmu tampak sudah sangat penuh, tetap selalu tersedia tempat untuk secangkir kopi bersama sahabat "

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »