Yuk Bernalar yuk 10

Semakin banyak berlatih dengan soal berbau problem solving akan melatih penalaran kita. Yuk Bernalar Yuk !


  1. Pak Rais membeli 2 lusin tali tambang, masing-masing panjangnya 10 meter. Berapa meter tali tambang yang didapatkan oleh Pak Rais ?
  2. Harga 1 batang pensil Rp 2.000,-. Untuk persediaan pada tahun ajaran baru Ditta membeli 2 lusin pensil. Berapa yang harus dibayarnya ?
  3. Rama sedang menyiapkan 25 kantong makanan kecil. Dalam setiap kantong akan dimasukkan 11 butir permen. Rama sudah menyiapkan 15 lusin permen. Berapa butir permen lagi yang dibutuhkan ?
  4. Bu Ani membeli 1 rim kertas seharga Rp 25.000,- untuk dijual di warungnya dengan harga Rp 100,- per lembar. Berapa keuntungan yang diperolehnya ?
  5. Sebuah lapangan yang panjang kelilingnya 72 meter akan dipasangi umbul-umbul setiap jarak 3 meter. Berapa lusin umbul-umbul yang harus disiapkan ?
  6. Adila membeli 1 rim kertas, setiap lembar kertas berukuran 210 mm x 297 mm. Berapa total kertas yang diperolehnya ?
  7. Pak Fadel membeli 2 kodi kain bendera, masing-masing berukuran 90 cm x 60 cm. Berapakah total luas kain yang diperolehnya ?
  8. Hasan mempunyai 70 butir kelereng, sedangkan Husen mempunyai 4 lusin kelereng. Hasan memberikan sebagian kelerengnya kepada Husen sehingga sekarang jumlah kelereng mereka masing-masing menjadi sama. Berapa kelereng yang di berikan Hasan ke Husen ?
  9. setiap 3 porsi nasi goring membutuhkan 2 butir telur. Dalam sehari, Bu Heni dapat menjual 18 porsi. Pada hari minggu, Bu Heni membeli 1 gross telur. Ternyata ada 10 telur yang sudah busuk dan harus dibuang. Cukup untuk berapa harikah persediaan telur itu ?
  10. Tiga loyang kue, masing-masing dipotong menjadi 3. Masing-masing potong kue dihiasi buah ceri dalam jumlah yang sama. Dida memakan 1 potong kue. Sekarang tinggal tersisa 16 buah ceri. Berapa lusin jumlah seluruh buah ceri mula-mula ?

Soal Bonus :

Di peternakan Pak Muchtar terdapat 2 lusin binatang, yang terdiri dari ayam dan sapi. Jumlah kaki ternak Pak Ahmad totalnya ada 50 kaki. Berapa selisih jumlah sapi dengan jumlah ayam ?

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »