Yuk Bernalar Yuk 13

Semakin banyak berlatih dengan soal berbau problem solving akan melatih penalaran kita. Yuk Bernalar Yuk !


  1. Bilangan bulat yang tidak mempunyai lawan adalah ….
  2. Jika suhu di Inggris ditulis 40 C di bawah nol dan di Belanda suhunya 20 C diatas nol maka artinya suhu di Inggris lebih … dari pada suhu di Belanda.
  3. Diantara bilangan 23, – 4, – 26, 0, 42, – 3, 18, 24 dan – 19. Jika diletakkan pada garis bilangan maka bilangan yang terletak paling kiri adalah … dan yang paling kanan adalah ….
  4. Dalam suatu permainan Alam Raya tercatat hasil sebagai berikut, Dinda memperoleh nilai – 5, Aulia memperoleh nilai 4, Nina 6, Camy memperoleh nilai – 3, Farah memperoleh nilai 2 dan Dikma memperoleh nilai – 1. Urutkan nama anak berdasarkan nilai dimulai dari yang tertinggi !
  5. Jika hari Kamis diletakkan pada titik nol pada garis bilangan bulat, maka hari minggu yang lalu adalah bilangan ….
  6. Seorang narapidana yang telah bertaubat dan mulai berbuat baik, mendapatkan bonus berupa remisi sebanyak 1 tahun dari masa penahanannya. Jika Ia seharusnya ditahan selama 5 tahun dan sudah menjalani hukuman selama 1 tahun, berapa lama lagi Ia masih harus menjalani hukuman di penjara ?
  7. Jika permukaan tanah sebagai titik nol maka ketika Rio melangkah turun ke tangga 4 dan melangkah lagi naik 7 tangga, maka berada ditangga berapa Rio saat ini ? Tulislah dalam pernyataan matematika !
  8. Pada garis bilangan, dari posisi – 3 bergerak ke kiri 13 langkah, maka posisiakhir adalah ….
  9. Seekor katak dapat melompat ke kiri atau ke kanan pada garis bilangan. Setiap kali melompat ke kanan jauhnya 1 satuan dan satu kali lompat ke kiri jauhnya 2 satuan. Jika katak mula-mula berada di titik – 2 lalu melompat 3 kali ke kiri kemudian 6 kali ke kanan, kemudian 2 kali ke kiri, dan 8 kali ke kanan lagi kemudian diam. Di titik berapa katak terakhir berada ?
  10. Ketika sedang bermain angka, Rayya mengambil beberapa angka, yakni 2, – 3, 4 dan – 6. Rayya di suruh menjumlahkan angka-angka yang diambilnya. Bantulah Rayya untuk mendapatkan hasil hitungannya !
EKSPLORASI
  1. Gunakan angka 1 – 9 masing – masing 1 kali agar pernyataan berikut benar !
…. + …. = ….    ;     …. – …. = ….     ;     …. x  …. = ….


  1.  
    Bila urutan abjad diawali dengan urutan angka, missal A = 1, B = 2 dst … ! Maka temukan nama buah yang jumlah angkanya 66 !!

Nama saya Dan Lajanto, 

Silakan tanyakan saja untuk lebih lengkapnya ^^

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »