yuk bernalar yuk 4

Semakin banyak berlatih dengan soal berbau problem solving akan melatih penalaran kita. Yuk Bernalar Yuk !


  1. Ayah Adit mempunyai 38 ekor sapi dan 23 Ayam. Berapa jumlah kakinya ?
  2. Fahmi ingin menyumbangkan 270 kotak susu kepada 6 kelompok anak yatim piatu, Hitung berapa kotak susu yang diperoleh oleh masing-masing kelompok?
  3. PT Sedap memproduksi 34.560 bungkus mie kering dalam 1 bulan. Produksi mie kering setiap hari sama banyak. Berapa bungkus mie kering yang dihasilkan setiap harinya ? (1 bulan = 30 hari)
  4. Delapan kelompok nelayan setiap harinya memperoleh ikan 13 kg tiap kelompok. Berapa kg ikan yang berhasil ditangkap oleh kedelapan kelompok itu ?
  5. Luas lantai ruangan kelas SDN Brawijaya yang akan dilapisi keramik 56 m2. Berapa dos banyak keramik yang dibutuhkan, jika satu meter persegi lantai berisi 25 buah keramik dan 1 dos berisi 14 keramik ?
  6. Di SD Sukamaju terdapat 7 ruang kelas, masing-masing berisi 35 meja. Jika semua meja terisi penuh oleh siswa dan setiap meja berisi dua siswa, Berapa jumlah siswa yang ada seluruhnya ?
  7. Di hotel A terdiri atas 3 ruang pertemuan. Tiap ruang membutuhkan 120 kursi. Di hotel B terdiri atas 5 ruang pertemuan. Kedua hotel tersebut membutuhkan jumlah kursi yang sama. Berapa banyakkah kursi yang dibutuhkan untuk setiap ruang pertemuan pada hotel B ?
  8. Di rumah Pak Muchtar terdapat 2 motor, 5 mobil dan sebuah sepeda roda 3 milik anaknya. Berapa jumlah semua roda kendaraan Pak Muchtar ?
  9. Ayah memiliki 3 kemeja (biru, merah, kuning) dan 4 dasi (polos, bergaris, kotak dan motif bintang). Ada berapa cara untuk memasangkan kemeja dan dasi tersebut ?
  10. Pak Raden mempunyai 800 ekor sapi, masing-masing sapi menghasilkan 2 liter susu. Setelah ditampung, susu dimasukkan kedalam 320 botol secara merata. Berapa liter isi susu dalam botol ?
  11. Fahri mempunyai 3 buku gambar, yang setiap bukunyaberisi 10 halaman dan setiap halaman berisi 3 gambar. Fahri sudah menggambar secara berurutan sampai buku ke-3 pada halaman ke-5 dan gambar ke-2. Tentukan banyak gambar yang belum Fahri gambar ?
  12. Di garasi Pak Hasan terdapat 16 roda kendaraan. Terdiri dari roda sepeda dan becak. Jumlah sepeda dan becak ada 6 kendaraan. Tentukan jumlah masing-masing kendaraan
  13. Hari ini Jumat 18 Juni 2011. Hari apa dan tanggal berapa 100 hari yang akan dating ?
  14. Ibu membeli 72 buah jeruk yang akan dimasukkan dalam kantong. Ibu memiliki 2 macam kantong, kantong besar memuat 6 jeruk, sedangkan kantong kecil memuat 3 jeruk. Ada berapa variasi yang dapat dibuat ?


  15.  
    Dengan 12 pekerja, sebuah rumah  akan selesai dibuat selama 24 hari. Jika pemilik rumah ingin menyelesaikan rumah itu dalam 18 hari, tentukan tambahan pekerja yang dibutuhkan ? 

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »