Yuk bernalar yuk 5

Semakin banyak berlatih dengan soal berbau problem solving akan melatih penalaran kita. Yuk Bernalar Yuk!


  1. Dinas pertamanan kota Lumajang menanam pohon akasia sepanjang 500 meter di jalan Panjaitan. Jarak antar pohon 5 meter. Berapa banyak pohon yang ditanam ?
  2. Keysa berenang setiap 5 hari sekali. Jika Keysa mulai berenang pada tanggal 1 juni, pada tanggal berapa saja pada Keysa akan berenang selama sebulan itu ?
  3. Ayah akan menyimpan 12 kursi secara teratur dalam baris dan kolom. Tentukan formasi baris dan kolom yang bisa dipakai untuk menyimpan 12 kursi tersebut agar setiap baris memiliki jumlah kursi yang sama dan setiap kolom memiliki jumlah kursi yang sama ?
  4. Bu Afni membeli 24 kue donat. Jika Bu Afni ingin menaruh kue donat tersebut ke dalam piring dengan jumlah yang sama banyak, Maka sebutkan kemungkinan jumlah piring yang bisa dipakai lengkap dengan jumlah donat pada masing-masing piring !
  5. Bu Rahmi ingin membagikan seloyang pudding coklat yang telah dipotong menjadi 16 potong kepada anak-anak jalanan dengan jumlah masing-masing sama. Paling banyak berapa anak yang bisa menerima puding coklat dari Bu Rahmi ?
  6. Nayla selalu mengunjungi panti asuhan Yatim piatu setiap 20 hari sekali. Berapa kali Nayla mengunjungi Panti asuhan selama 3 bulan (yaitu bulan April, Mei dan Juni) jika terakhir mengunjungi Panti asuhan selama 3 bulan tersebut adalah tanggal 25 Juni ?
  7. Rayya mulai berlatih piano pada bulan mei, Ia akan berlatih piano setiap 7 hari sekali, dan akan berakhir pada tanggal 12 September 2011. Dari data tersebut, tentukan tanggal berapa Rayya mulai berlatih piano ?
  8. Setiap 6 hari sekali, Bu Winny berbelanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Tanggal berapakah Bu Winny berbelanja terakhir pada bulan Agustus 2011 jika terakhir berbelanja pada bulan Juni adalah tanggal 26 ?
  9. Bu Liya membuat 12 bungkus kue kering keju untuk dijual. Ia ingin menyimpannya dalam sejumlah wadah, dengan isi masing-masing wadah sama banyak.
    1. Berapa wadah paling sedikit yang diperlukan ?
    2. Berapa wadah paling banyak yang diperlukan ?
    3. Berapa macam variasi penyimpanan yang dapat dilakukan ?
  10. Tentukan sisa pembagian dari jumlah kelipatan 2 yang kurang dari 25 dibagi oleh 5 ?
  11. Kelipatan persekutuan antara 4 dan 6 adalah ….
  12. Faktor persekutuan dari 12 dan 18 adalah ….
  13. Tentukan banyak bilangan kelipatan 7 yang kurang dari 15 ?
  14. Carilah kelipatan persekutuan antara 6 dan 9 yang kurang dari 70 !
  15. 3 bilangan terkecil yang merupakan kelipatan persekutuan dari 3 dan 7 adalah ?

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »