Yuk Bernalar Yuk 8

Semakin banyak berlatih dengan soal berbau problem solving akan melatih penalaran kita. Yuk Bernalar Yuk !


  1. Satu hari sekolah terdiri dari 6 mata pelajaran dan 2 kali istirahat. Setiap mata pelajaran berlangsung selama 40 menit, dan satu kali istirahat lamanya 15 menit. Berapa lamakah satu hari sekolah ?
  2. Pak Iwan berangkat dari bogor pukul 09.20 untuk mengunjungi orang tuanya di Bandung, dan tiba di Bandung pukul 12.05. Berapa lama perjalanan Pak Iwan?
  3. 10 kg beras cukup untuk makan 4 orang dalam 5 hari. Berapa gram beras yang dibutuhkan seseorang untuk keperluan makan dalam sehari ?
  4. Pak Rudi sedang memasak sup yang terdiri dari wortel, buncis dan kentang. Ia membutuhkan 100 gram wortel. Buncis yang digunakan 20 gram lebih ringan dari wortel. Berat kentangnya sama dengan jumlah berat wortel dan buncis. Berapa total berat sayuran yang digunakan ?
  5. Ayah dan ibu pergi ke pasar dengan jalan kaki. Total waktu yang dibutuhkan untuk berjalan kaki pulang-pergi adalah 30 menit. Waktu yang diperlukan untuk membeli barang-barang belanjaan adalah 1/3 jam. Kemudian di jalan mereka bertemu dengan Pak Andi, lalu bercakap-cakap sebentar. Ternyata, ayah dan ibu tiba di rumah tepat satu jam setelah mereka berangkat ke pasar. Berapa menit mereka bercakap-cakap dengan Pak Andi ?
  6. Pak Ikhsan pergi ke kota A yang jaraknya 40 km lebih 300 m dari rumahnya, kemudian melanjutkan perjalanan ke kota B. Jarak kota A ke kota B dua kali lipat jarak kota A ke rumahnya.Tentukan total jarak yang telah ditempuh ?
  7. Berat mobil Pak Sukri 4 ton 600 kg. Jika keluarga Pak Sukri yang berat badannya masing-masing 5 kg, 45 kg dan 50 kg menaiki mobil tersebut, maka total berat mobil dan penumpangnya adalah ?
  8. Seorang matematikawan bernama Al Khawarizmi hidup selama 5 dasawarsa dan 2 windu. Jadi Ia meninggal pada usia … tahun.
  9. Kuku manusia tumbuh sepanjang 2 mm dalam 5 hari. Maka dalam setahun panjang kuku adalah … mm.
  10. Dalam 1 hari bekerja diberikan 4 kali istirahat, setiap kali istirahat lamanya sama. Total lamanya istirahat dalam satu hari adalah 1 jam 20 menit. Berapa lamakah waktu untuk satu istirahat ?
  11. Irfan dapat mengelilingi lapangan bulu tangkis dalam waktu 40 detik. Berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi lapangan sebanyak 6 kali ?
  12. Basjid baitul makmur membeli 5 karpet sajadah baru, masing-masing panjangnya 3 m 2 dm. Berapa meter panjang seluruh karpet baru tersebut ?
  13. Pak Soleh membeli 3 ekor gurame, masing-masing beratnya 1 kg 2 ons. Berapa ons total berat ketiga ikan tersebut ?
  14. Fina membagikan 10 kantong jambu untuk teman-temannya. Masing-masing kantong isinya 1 kg 5 ons. Berapa kg berat seluruh kantong tersebut ?

  15. Petugas Pekerjaan umum sedang membuat marka jalan sepanjang 50 km. satu kaleng cat besar dapat digunakan untuk mengecat sepanjang 4 km. Berapa kaleng cat yang harus disediakan ?

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »