Yuk bernalar yuk 9

Semakin banyak berlatih dengan soal berbau problem solving akan melatih penalaran kita. Yuk Bernalar Yuk !


  1. Sebungkus permen coklat terdiri dari beberapa potong coklat, total beratnya 100 gram. Dan total panjangnya 20 cm. Jika setiap potong coklat panjangnya 4 cm, berapa gram berat setiap potong coklat ?
  2. Andi dan Feri berlari mengelilingi lapangan 2 putaran. Andi membutuhkan waktu 9 menit 20 detik. Setiap satu putarannya, Feri lebih lambat 5 detik. Berapa waktu yang dibutuhkan Feri untuk menempuh satu putaran ?
  3. Kereta Api Taksaka berangkat dari Yokyakarta pada hari jumat pukul 19.05 dan tiba di Jakarta keesokan harinya pukul 04.48. Berapa lamakah perjalanan kereta api tersebut?
  4. Lima potong besi disambung dengan las. Setiap potong besi panjangnya 1 meter, dan setiap sambungan las panjangnya 5 mm. Berapa total panjangnya setelah semua besi disambung menjadi satu ?
  5. Pak Syamsul menebang 2 pohon. Untuk memotong batang pohon pertama menjadi 5 bagian., membutuhkan 4 menit. Setiap kali memotong membutuhkan waktu yang sama. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memotong batang pohon kedua menjadi 10 bagian ?
  6. Rumah Aisah 50 m di sebelah barat sekolah. Rumah Bintang 10 m di sebelah barat sekolah. Rumah Candra 25 m di sebelah timur sekolah. Jika Bintang pergi ke rumah Candra, lalu ke rumah Aisah, berapa m jarak yang ditempuhnya ?
  7. Sebuah mobil menempuh jarak 30 km dalam waktu 30 menit. Sebuah sepeda motor menempuh jarak 50 km dalam waktu satu jam. Manakah yang lebih cepat, mobil atau sepeda motor ? Tentukan alasannya !
  8. Saat Lia sakit demam, dokter memberi obat yang harus diminum satu sendok setiap 4 jam sekali. Setiap sendok obat mengandung 120 mg parasetamol. Hari ini Lia mulai minum obat itu pada pukul 06.00. Sampai pukul 18.00 hari ini, sudah berapa mg parasetamol yang telah dikonsumsi oleh Lia ?.
  9. Kakak mempunyai kertas 2 rim, digunakan untuk membuat karya tulis 400 lembar. Kertas yang belum terpakai adalah … lembar
  10. Bu Lisa membeli gelas 1 gross, kemudoan dijual 3 kodi. Sisa yang belum terjual … buah.
  11. Fairuz membeli 6 lusin gelas dan 1 gross piring. Di perjalanan, ada 12 buah yang pecah. Jumlah prring dan gelas yang masih utuh adalah … buah.
  12. Pak Wisnu adalah seorang pedagang kain, Ia membeli 4 kodi kain untuk celana dan 50 lembar kain untuk baju. Jumlah kain seluruhnya ada … lembar.
  13. Seorang penulis memerlukan kertas 165 lembar untuk menulis sebuah buku. Jika Ia membeli 2 rim kertas, maka Ia dapat membuat berapa buku ? sisa kertas … lembar.
  14. Bu Dina memiliki 1 kodi dan 3 lusin pakaian pantas pakai untuk dibagikan secara merata untuk 8 keluarga. Berapa lembar pakaian yang didapat masing-masing keluarga ?

  15.  
    Bu Widya menjual permen dengan harga Rp 500,- untuk 3 butir permen. Jika Kamila membeli 1 lusin permen, berapa harga yang harus dibayar oleh Kamila ?

Nama saya Dan Lajanto, 

Silakan tanyakan saja untuk lebih lengkapnya ^^

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »