Penerapan Teorema Pythagoras dalam Kehidupan Sehari-hari

Penerapan Teorema Pythagoras dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan teorema Pythagoras. Dengan menyatakan suatu keadaan menjadi bentuk sketsa segitiga siku-siku, kamu dapat menyelesaikan masalah yang ada menggunakan teorema Pythagoras seperti contoh berikut ini.

CONTOH

Setelah lima tahun berlatih ilmu olah kanuragan, Zambrot, pendekar gempal, memutuskan meninggalkan padepokannya untuk mengamalkan semua ilmu yang telah ia dapatkan. Dengan langkah mantap, ia berjalan kaki sejauh 9 km ke arah utara. Kemudian, memutar haluan dengan berjalan ke arah barat sejauh 12 km. Berapa kilometerkah jaraknya sekarang dari padepokan?

Penyelesaian:

Masalah ini dapat kamu gambarkan menggunakan segitiga siku-siku berikut.
                                         
       Misalkan, titik P adalah titik awal perjalanan Zambrot. Ia berjalan ke arah utara (U) sejauh 9 km, berarti PU = 9 km. Kemudian, ke arah barat (B) sejauh 12 km, berarti UB = 12 km. Jaraknya sekarang dari padepokan diwakili oleh PB. Panjang PB dapat kamu tentukan menggunakan teorema Pythagoras berikut ini.
PB² = PU² + UB²
       = 9² + 12²
       = 81 + 144 = 225
PB = 225 = 15
Jadi, jarak Zambrot sekarang dari padepokannya adalah 15 km.

Nama saya Dan Lajanto, 

Silakan tanyakan saja untuk lebih lengkapnya ^^

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
December 4, 2017 at 11:03 PM delete

Salam kenal, Pak Dan (guru mtk SMPK Petrus). Saya Sukardi, mhs pendidikan matematika dari FKIP Untan. Saya juga turut mengembangkan blog matematika nih, Pak. Kalau sempat, kunjung balik ya Pak. http://mathcyber1997.com

Reply
avatar
December 5, 2017 at 8:59 AM delete

Salam kenal juga ... Siap akan dikunjungi

Reply
avatar