JARING-JARING PRISMA

Prisma adalah bangun ruang yang memiliki sepasang bidang sejajar dengan ukuran dan bentuk yang sama sebagai alas dan tutupnya, sedangkan bidang-bidang tegaknya diperoleh dengan menghubungkan titik-titik sudut dari dua bidang yang sejajar.
Jenis-jenis prisma diberi nama sesuai dengan bentuk alasnya. Perhatikan gambar prisma di bawah ini.
section-media
Prisma (i) memiliki alas dan tutup berupa segienam, sehingga dinamakan prisma segienam. Prisma (ii) memiliki alas dan tutup berupa segilima, sehingga dinamakan prisma segilima. Prisma (iii) memiliki alas dan tutup berupa segitiga, sehingga dinamakan prisma segitiga.
Jaring-jaring prisma terdiri atas alas dan tutup dengan bentuk dan ukuran yang sama serta sisi tegak berupa persegipanjang sebanyak sisi yang dimiliki alas atau tutup. Perhatikan contoh jaring-jaring prisma segilima dan prisma segitiga di bawah ini.
section-media
Dari gambar diketahui bahwa jaring-jaring segilima terdiri dari dua segilima yang berukuran sama, dan lima persegipanjang. Jaring-jaring prisma segitiga terdiri dari dua segitiga yang sama bentuk dan ukurannya sebagai alas, dan persegipanjang sebagai sisi tegaknya. Dengan demikian, jaring-jaring prisma terdiri dari dua bangun yang sama bentuk dan ukurannya sebagai alas dan tutup, dilengkapi persegipanjang sebanyak sisi alas sebagai sisi tegaknya.

Nama saya Dan Lajanto, 

Silakan tanyakan saja untuk lebih lengkapnya ^^

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »