UNSUR TABUNG

Tabung dibentuk dari dua buah lingkaran yang menjadi alas dan tutupnya, serta selimut yang menjadi sisi tegaknya. Dua buah lingkaran yang saling berhadapan tersebut memiliki besar dan luas yang sama. Sisi tegak tabung berupa persegipanjang yang dilengkungkan mengikuti sisi alas dan tutupnya. Dengan demikian, tabung terdiri dari tiga sisi yang merupakan sisi alas, sisi tegak, dan sisi tutupnya. Tabung memilikidua rusuk yang membentuk sisi alas dan sisi tutupnya.

        Perhatikan gambar tabung di atas. Pada gambar tersebut, r merupakan jari-jari alas dan tutup tabung yang disebut dengan jari-jari tabung , sedangkan t merupakan jarak antara alas dan tutup tabung yang dikenal dengan tinggi tabung. Nilai r juga dapat ditentukan dengan menggunakan diameter (d) yaitu . Jika tabung diiris pada rusuknya, maka akan membentuk jaring-jaring tabung sebagai berikut.
       Dari jaring-jaring di atas, diketahui bahwa tabung terdiri dari dua lingkaran yang kongruen dan sisi tegak yang merupakan sebuah persegipanjang. Konsep ini akan digunakan untuk menentukan rumus luas permukaan tabung.

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »