RUMUS SUPER CEPAT KESEBANGUNAN PADA TRAPESIUM

Pada sebuah trapesium ABCD, dimana AB//CD terdapat titik E pada AD dan titik F pada BC sedemikian rupa sehingga AB//EF//CD.


EF = \frac{(AE \times DC) + (AB \times DE)}{AE + ED}

CONTOH

Solusi :

x = [3(14) + 7(8)] / (3+7)
x = (42 + 56) / 10
x = 98 / 10
x = 9,8

Jadi jawabannya adalah D

Gampang kan ^^

Nama saya Dan Lajanto, 

Silakan tanyakan saja untuk lebih lengkapnya ^^

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »

41 komentar

komentar
Anonymous
July 22, 2014 at 10:40 PM delete

Kalo mau cari EA gmn ?

Reply
avatar
July 26, 2014 at 8:48 PM delete

Dari rumus yang tadi saja dipakai .. nanti bakal ketemu EA nya , dengan catatan panjang EF diketahui

Reply
avatar
August 13, 2014 at 9:08 PM delete

gan mau nanya kalo itu kan trapesium, kalo segitiga gimana gan

Reply
avatar
August 15, 2014 at 11:57 AM delete

Bentuk segitiganya gimana? bukannya sudah ada konsep kesebangunan pada segitiga?

Reply
avatar
August 19, 2014 at 7:39 PM delete

kalo trapesiumnya kan yang itu menyatu kalo yang terpisah gmana

Reply
avatar
August 21, 2014 at 3:19 PM delete

yang terpisah silakahkan gunakan konsep kesebangunan. cari sisi sisi yang bersesuaian, dengan catatatn ada keterangan kedua trapesium itu sebangun

Reply
avatar
August 21, 2014 at 8:13 PM delete

gan itu dasarnya apaya?,saya ditanya guru saya

Reply
avatar
August 22, 2014 at 7:29 PM delete

dasarnya konsep kesebangunan pada segitiga... kamu bisa membuktikan kebenaran rumus diatas dengan menarik sebuah garis yang sejajar dengan salah satu sisi samping trapesium sehingga terbentuk 2 bangun yaitu bangun segitiga dan bangun jajargenjang. Pada bangun segitiga, gunakan konsep kesebangunan untuk mendapatkan yang ingin kita cari. Sedangkan pada jajar genjang, tinggal menggunakan sifiat jajar genjang sehingga panjangnya sama panjang.

Reply
avatar
September 2, 2014 at 3:48 PM delete

itu kok bisa rumusnya seperti itu dari mana?

Reply
avatar
September 2, 2014 at 7:16 PM delete

yah dari komsep kesebangunan ... liat comment sebelumnya ^^

Reply
avatar
August 5, 2015 at 5:37 PM delete

klau dicari nya DC dan yang sudah diketahuinya BC dan AD gmn??

Reply
avatar
August 6, 2015 at 2:24 PM delete

harus ada 1 lagi yang diketahui yaitu EF baru bisa di cari yang kita inginkan

Reply
avatar
August 20, 2015 at 5:12 PM delete

ka tau kenapa rumunya kayak gitu gk? alias asalusul nya

Reply
avatar
August 20, 2015 at 7:35 PM delete

tahu donk.... tuh ada cluenya di komentar sebelumnya..

Reply
avatar
August 21, 2015 at 9:38 PM delete

sungguh bermanfaat, makasih ya!

Reply
avatar
August 30, 2015 at 7:18 PM delete

Cara nyari ab gmn bos misalkan ab belum diket

Reply
avatar
September 1, 2015 at 8:24 PM delete

Pasti ada data lain yang diketahui... tetap gunakan cara tersebut.. tinggal masukan data2 yang diketahui ,, sedikit otak atik bisa cari yang diinginkan..

Reply
avatar
November 18, 2015 at 7:54 PM delete

Kalao 3 dan 7 gak ada cari x nya gimana

Reply
avatar
November 19, 2015 at 4:44 PM delete

3 dan 7 tak ada .. pasti ada keterangan soal yang berupa kalimat... dibaca baik2... biasa ada kalimat terletak ditengah2. dll.....

Reply
avatar
January 11, 2016 at 7:26 AM delete

bapak, gimana pembuktian rumus cepatnya itu? kok bisa dapet rumus kaya gitu? minta tolong share donk dasar dari rumus tersebut , terima kasih :)

Reply
avatar
January 11, 2016 at 3:38 PM delete

Kita dapat menguraikannya dengan konsep kesebangunan pada segitiga..
Pertama-tama tarik sebuah garis yang sejajar sisi samping trapesium.. sehingga terbentuk dua buah bangun datar yaitu sebuah segitiga dan sebuah jajargenjang..
Gunakan konsep kesebangunan pada segitiga untuk mendapatkan panjang pada segitiga dan gunakan sifat jajargenjang untuk dapatkan panjang pada jajargenjang
Maka panjang yang kita inginkan merupakan penjumlahan kedua panjang tersebut..
akan diperoleh rumus seperti diatas...(komen sebelumnya ada .. coba dibaca2 juga)

Reply
avatar
July 27, 2016 at 8:06 PM delete

Salah tu rumus aju aja gk pas isinya

Reply
avatar
July 27, 2016 at 8:10 PM delete

Salah tu rumus aju aja gk pas isinya

Reply
avatar
August 21, 2016 at 7:53 PM delete

Apakah rumus ini juga berlaku pada sisi jaman (jika kita ganti DE dan AE DENGAN CF dan FB? Terimakasih

Reply
avatar
August 21, 2016 at 8:04 PM delete

berlaku ... jadi posisinya sama aja jika diganti dengan CF dan FB ..

Reply
avatar
August 25, 2016 at 4:52 PM delete

Kalau cari panjang DC bagaimana

Reply
avatar
August 27, 2016 at 12:51 PM delete

Gunakan saja bentuk yang sama.. Tinggal masukan data data yang diketahui.. terus selesaikan bentuknya

Reply
avatar
October 3, 2016 at 2:30 PM delete

mantap gan, sangat bermanfaat blognya. Terus update termasuk soal UN dan pembahasannya juga.

Reply
avatar