Sunday, November 17, 2013

MUATAN KARAKTER BANGSA DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa


1.   Religius : sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,    toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2.      Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat    dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3.      Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap,      dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4.      Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan            peraturan
5.      Kerja Keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai            hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6.      Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu          yang telah dimiliki.
7.      Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
8.      Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
9.      Rasa Ingin Tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan  meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10.  Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan          kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya
11.  Cinta Tanah Air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian,  dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan       politik  bangsa.
12.  Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13.  Bersahabat/Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan      bekerja sama dengan orang lain.
14.  Cinta Damai : Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15.  Gemar Membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang            memberikan kebajikan bagi dirinya.
16.  Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada      lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan        alam yang sudah terjadi
17.  Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan          masyarakat yang membutuhkan.
18.  Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya,  yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan  budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

No comments:

Post a Comment