Sunday, October 6, 2013

Soal Tantangan MTK kelas 10 Kurikulum 2013 Benruk Akar dan Pangkat

Pembahasan Soal Tantangan Soal MTK Kelas 10 Kurikulum 2013 Bagian bentuk pangkat dan akar











42 comments:

  1. TERIMA KASIH BANYAK
    Ini lebih dari sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama... ada sedikit kesalahan pada soal no 2... yaitu pada bagian c ... seharusnya C nya pangkat 7..

      Delete
  2. terimah kasih yea ats jwaban.a
    yg trjdi ksalhan d nomor 2 atau no 3.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. no 3 ^^.... salah ketik lagi jadi no 2 hgahahaha

      Delete
  3. Trims untuk pembahasannya, saya mau nanya. Untuk no.4, Pangkat 4 nya kok bisa hilang ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akar pangkat 4 yah maksudnya? yah itu dimanipulasi menjadi akar pangkat 2 akar pangkar 2... jadi diakarkan 2 kali

      Delete
  4. terima kasih banyak atas jawabannya

    ReplyDelete
  5. Kak, ada soal ni kak agak susah...
    Seorang pedagang beras,mencampur tiga jenis beras. Campuran beras pertama terdiri atas 1 kg jenis A, 2 kg jenis B, dan 3 kg jenis C dijual dengan harga Rp 19, 500,- Campuran beras kedua terdiri dari 2 kg jenis A dan 3 kg jenis B dijual dengan harga Rp 19.000,- Campuran beras ketiga terdiri atas 1 kg jenis A dan 1 kg jenis C dijual dengan harga Rp 6.250,-. Harga beras jenis mana yang paling mahal??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pers 1 . A + 2B + 3C = 19500
      pers 2. 2A + 3B = 19000
      pers 3. A+ C = 6250
      per 2 + pers 3
      3A + 3B + C = 25250 .... pers 4
      3x pers 4 - pers 1
      9A + 9B + 3C = 75750
      A + 2B + 3C = 19500
      kurangkan untuk hilangkan C
      8A + 7B = 56250
      selanjutnya kurangkan dengan 4xpers 2
      8A + 7B = 56250
      8A + 12B = 76000
      kurangkan.....
      5B = 19750
      B = 3950
      Selanjutnya mencari nilai A .. substitusi nilai B ke pers 2
      2A + 3(3950) = 19000
      2A = 19000 - 11850
      2A = 7150
      A = 3575
      Terakhir mencari nilaii C.. substitusi nilai A dan B ke pers 1
      A + 2B + 3C = 19500
      3575 + 2(3950) + 3C = 19500
      3575 + 7900 + 3C = 19500
      3C = 19500 - 11475
      3C = 8025
      C = 2675
      jadi A = 3575
      B = 3950
      C = 2675
      sehingga yang harganya paling mahal adalah beras jenis B

      Delete
    2. Maaksih ya kak Dan, jago nih kakak...
      Oh ya Kak Dan,begini saay kan ditugaskan sekolah mencari sebuah permasalahan yang mengacu pada empat variabel,bisa dibantu kak?

      Delete
    3. sama sama... saya juga masih belajar kok...
      wow 4 variabel... rumit donk nanti ^^... yah dibuat saja yang sederhana
      A + B + C = 15
      A + B + D = 16
      A + C + D = 17
      B + C + D = 18
      Tentukan nilai dari ABCD (maksudnya A kali B kali C kali D)

      Delete
  6. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja Bank Tabungan Negara (BTN)

    ReplyDelete
  7. Sip kak. Keren. Jadi situs website nomor satu dipencarian ku . nambah ilmu.

    ReplyDelete
  8. mau nanya nihh .. kalo √x√x√x itu cara ngerjainnya gmna yaaa ? Thanks bfore

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf itu maksudnya ngerjain gimana? apakah disuruh menyederhanakan?

      Delete
  9. Itu yang nomor 1 x pangkat 3 jadi X pangkat 6 caranya bgaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kedua ruas di kuadratkan... ^^... ruas kiri kuadrat ... ruas kanan kuadrat .

      Delete
  10. Mau tanya.. ada tugas nih.. "Tentukan nilai 25 pangkat 2x-2 Jika diketahui 5 pangkat x = 4!" Bagaimana cara mengerjakannya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan sifat perpangkatan..
      25 = 5 pangkat 2 ... jadi nanti soal berubah 5 pangkat (4x-4) = 5 pangkat 4x kali 5 pangkat -4
      untuk 5 pangkat 4x akan berubah menjadi 5 pangkat x dipangkatkan lagi 4 ...
      jadi (4!) pangkat 4 kali 5 pangkat -4 silahkan dilanjutkan sampai dapat hasil sederhananya

      Delete
  11. untuk yg 1c ...menemukan akar dari polinom pangkat 3 bgmn caranya...mohon dijelaskan erima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang 1 c emang sulit menentukan akar dari polinom pangkat 3 .. apalagi tidak dapat difaktorkan .... itu saya dapatkan dengan bantuan aplikasi

      Delete
  12. Yg no 6 kok bisa jd akar 49 ditambah akar 5 dan seterusnya??? Mohon pencerahahnya.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini kita mencari 2 buah bilangan yang kalau dijumlah hasilnya 54 dan jika dikali hasilnya 245... yaitu 49 dan 5

      Delete
  13. maaf pak mau menanyakan nomer 7. langkah awal untuk mengerjakannya bagaimana? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya kan didepannya (3 + 4) nah saya balik jadi (4 + 3) ...
      terus diakalin yaitu saya kalikan dengan (4 - 3) yang nilainya 1 , dengan kata lain tidak mengubah soal cuma manipulasi aja
      selanjutnya (4 - 3)(4 + 3) hasilnya akan menjadi (4^2 - 3^2) sesuai bentuk selisih kuadrat (dari materi pemfaktoran)... dilanjutkan terus deh sampai sesuai soal
      semoga dapat dipahami

      Delete
  14. untuk yang 1c itu pake aplikasi apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada aplikasi... hanya kalkukator aljabar wolfram

      Delete
  15. Sangat membantu utk persiapan uts, terimakasih kak

    ReplyDelete
  16. Apa saya boleh minta alamat Email pribadi, untuk berdiskusi lebih byk ttg soal soal matematika, bantuan Anda akan sangat membantu, terimakasih.

    ReplyDelete
  17. 1.) Pada awal tahun , Rony menabung uang di bank sebesar Rp.125.000
    Ia menyimpan uang tersebut selama 8 tahun. Berapakah jumlah uang Rony padaa akhir tahun kedelpaan jika bank memmberi suku bunga majemuk 6% setahun

    2. ) Pak Thomas menabung Rp. 2.000.000 selama 5 tahun dengan bunga 12% per tahun . Jika perhitungan bunga tiga bulanan, berapakah besar bunga yang diterima pak thomas

    Tolong gan dan lajanto

    ReplyDelete
  18. Terima kasih untuk artikelnya sangat membantu tapi mungkin contoh soalnya di tambah

    ReplyDelete
  19. Kak yang no 6 pake teori apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsep bentuk akar dan kuadrat yg aljabar (a+b)^2 = a°2 +2ab + b^2
      Dengan a =√m dan b =√n

      Delete
  20. Boleh minta line sama whatsappnya mas admin

    ReplyDelete
  21. yang no.5 bukannya kebalik bro harusnya a=1.000.001 trus b=2
    soalnya q liat penyebutnya selalu negatif kalo dari pengerjaanmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia benar sekali kamu..
      Saya lupa membagi min 1 ...
      Terima kasuh sudah sangat teliti

      Delete