Yuk Bernalar Yuk 15

Semakin banyak berlatih dengan soal berbau problem solving akan melatih penalaran kita. Yuk Bernalar Yuk!


  1. Suhu pada malam hari di kota A adalah 70 C. di kota B suhunya lebih rendah 160 C dibandingkan suhu dikota A. Berapa suhu di kota B ?
  2. Suhu disuatu kota pada siang hari adalah 160 C sedangkan pada malam hari suhunya – 20 C, Hitunglah selisih suhu pada siang dan malam hari di kota tersebut !
  3. Suhu di Lumajang pagi hari 330 C sedangkan malam hari lebih dingin 70 C. Tentukan suhu pada malam hari !
  4. Seekor paus kecil sedang berenang di kedalaman 5 meter di laut lepas. Kemudian paus itu melompat ke atas setinggi 12 meter. Berapa ketinggian yang dicapai paus itu dari permukaan air ?
  5. Sebuah thermometer menunjukkan suhu 220 C. setelah dicelupkan ke air es dicampur garam, terjadi penurunan sebesar 260 C. Berapa suhu thermometer sekarang ?
  6. Seekor ikan tongkol berada pada posisi – 66 m dari permukaan air laut. Kemudian ia turun lagi sejauh 17 m. Dimana posisi ikan tongkol itu sekarang ?
  7. Ada seekor katak terjatuh kedalam sumur yang dalamnya 30 m. Katak tersebut berusaha untuk keluar dari sumur dengan meloncat. Saat siang hari katak dapat meloncat 3 m namun malam hari merosot 2 m. Berapa hari yang dibutuhkan katak tersebut sampai keluar dari sumur ?
  8. Seorang penyelam berada pada kedalaman 10 m dibawah permukaan laut. Pada saat yang sama seekor burung tepat berada diatas penyelam dengan ketinggian 15 m diatas permukaan air laut. Tentukan jarak antara penyelan dan burung tersebut ?
  9. Ruben mengikuti lomba matematika. Soal lomba itu sebanyak 20 buah. Setiap jawaban yang benar diberi nilai 5, setiap jawaban salah diberi nilai – 2 dan soal yang tidak dijawab diberi nilai 0. Jika Ruben dapat menjawab benar 15 dan tidak menjawab 2 soal, maka tentukan nilai yang diperoleh Ruben ?
  10. Suhu udara pada musim dingin di Tokyo adalah – 30 C. sedangkan pada musim panas suhunya adalah 150 C. Perubahan suhu udara dari musim dingin ke musim panas adalah ….
  11. Yuli membawa 2 kantong buah rambutan, masing-masing berisi 3 ikat rambutan. Setiap ikat terdapat 23 buah rambutan. Jika rambutan itu diberikan adiknya 28 buah, Berapa sisa buah rambutan milik Yuli ?
  12. Ketinggian air di pintu manggarai mula-mula 185 mm, 2 jam kemudian turun 18 m dan 3 jam kemudian naik 6 mm. Berapa ketinggian air di pintu manggarai sekarang ?
  13. Tinggi air sungai mula-mula 175 cm. air sungai itu dipakai irigasi sehingga turun 3 cm tiap jam selama 3 jam. Kemudian terjadi hujan sehingga permukaan air naik 7 cm. Berapa tinggi air sekarang ?

  14.  
    Sawa dan Deden bermain permainan alam raya. Setiap permainan yang menang mendapat poin 2 dan kalah – 1. Sawa menang satu kali dan Dadan mendapat poin 5. Tentukan berapa kali permainan tersebut dimainkan ? 

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »