Menara Hanoi (Game Matematika)

Game Matematika Menara Hanoi kayak apa ya?

Menara Hanoi adalah sebuah permainan matematika dalam bentuk teka-teki. Permainan ini terdiri dari tiga tiang dan sejumlah cakram dengan ukuran berbeda-beda yang bisa dimasukkan ke tiang mana saja. Permainan dimulai dengan cakram-cakram yang tertumpuk rapi berurutan berdasarkan ukurannya dalam salah satu tiang, cakram terkecil diletakkan teratas, sehingga membentuk kerucut.

Tujuan dari teka-teki ini adalah untuk memindahkan seluruh tumpukan ke tiang yang lain, mengikuti aturan berikut:

  • Hanya satu cakram yang boleh dipindahkan dalam satu waktu.
  • Setiap perpindahan berupa pengambilan cakram teratas dari satu tiang dan memasukkannya ke tiang lain, di atas cakram lain yang mungkin sudah ada di tiang tersebut.
  • Tidak boleh meletakkan cakram di atas cakram lain yang lebih kecil.
Teka-teki ini ditemukan Édouard Lucas, ahli matematikaPerancis di tahun 1883. Ada sebuah legenda tentang candi Indian yang berisi ruang besar dengan tiga tiang yang dikelilingi 64 cakram emas. Pendeta Brahma, melaksanakan tugas dari peramal di masa lalu, sesuai dengan aturan teka-teki ini. Menurut legenda ini, bila teka-teki ini diselesaikan, dunia akan kiamat. Tidak jelas benar apakah Lucas menemukan legenda ini atau terinspirasi olehnya.

Bila legenda ini benar, dan pendeta itu bisa memindahkan satu cakram tiap detik, menggunakan pemindahan paling sedikit, maka akan memakan waktu 264 – 1 detik atau kurang lebih 584,582 milyar tahun.

Temukan Permainan ini pada Bazar Akbar  8-9 Desember 2013 di SMP Katolik Santu Petrus

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
November 13, 2013 at 8:23 PM delete

Dari pagi tuh bazarnya.. tunggu aja pengumuman lebih lanjut ^^

Reply
avatar