Soal Tantangan MTK kelas 10 Kurikulum 2013 Benruk Akar dan Pangkat

Pembahasan Soal Tantangan Soal MTK Kelas 10 Kurikulum 2013 Bagian bentuk pangkat dan akar











Nama saya Dan Lajanto, 

Silakan tanyakan saja untuk lebih lengkapnya ^^

Bagikan ini

Related Posts

Previous
Next Post »

35 komentar

komentar
Anonymous
August 24, 2014 at 1:59 PM delete

TERIMA KASIH BANYAK
Ini lebih dari sangat membantu

Reply
avatar
August 24, 2014 at 5:46 PM delete

sama sama... ada sedikit kesalahan pada soal no 2... yaitu pada bagian c ... seharusnya C nya pangkat 7..

Reply
avatar
Anonymous
August 31, 2014 at 6:41 PM delete

terimah kasih yea ats jwaban.a
yg trjdi ksalhan d nomor 2 atau no 3.??

Reply
avatar
August 31, 2014 at 7:46 PM delete

no 3 ^^.... salah ketik lagi jadi no 2 hgahahaha

Reply
avatar
September 2, 2014 at 1:03 AM delete

Trims untuk pembahasannya, saya mau nanya. Untuk no.4, Pangkat 4 nya kok bisa hilang ya ?

Reply
avatar
September 2, 2014 at 1:29 PM delete

akar pangkat 4 yah maksudnya? yah itu dimanipulasi menjadi akar pangkat 2 akar pangkar 2... jadi diakarkan 2 kali

Reply
avatar
September 8, 2014 at 11:13 PM delete

terima kasih banyak atas jawabannya

Reply
avatar
September 9, 2014 at 7:32 PM delete

Kak, ada soal ni kak agak susah...
Seorang pedagang beras,mencampur tiga jenis beras. Campuran beras pertama terdiri atas 1 kg jenis A, 2 kg jenis B, dan 3 kg jenis C dijual dengan harga Rp 19, 500,- Campuran beras kedua terdiri dari 2 kg jenis A dan 3 kg jenis B dijual dengan harga Rp 19.000,- Campuran beras ketiga terdiri atas 1 kg jenis A dan 1 kg jenis C dijual dengan harga Rp 6.250,-. Harga beras jenis mana yang paling mahal??

Reply
avatar
September 10, 2014 at 9:23 PM delete

pers 1 . A + 2B + 3C = 19500
pers 2. 2A + 3B = 19000
pers 3. A+ C = 6250
per 2 + pers 3
3A + 3B + C = 25250 .... pers 4
3x pers 4 - pers 1
9A + 9B + 3C = 75750
A + 2B + 3C = 19500
kurangkan untuk hilangkan C
8A + 7B = 56250
selanjutnya kurangkan dengan 4xpers 2
8A + 7B = 56250
8A + 12B = 76000
kurangkan.....
5B = 19750
B = 3950
Selanjutnya mencari nilai A .. substitusi nilai B ke pers 2
2A + 3(3950) = 19000
2A = 19000 - 11850
2A = 7150
A = 3575
Terakhir mencari nilaii C.. substitusi nilai A dan B ke pers 1
A + 2B + 3C = 19500
3575 + 2(3950) + 3C = 19500
3575 + 7900 + 3C = 19500
3C = 19500 - 11475
3C = 8025
C = 2675
jadi A = 3575
B = 3950
C = 2675
sehingga yang harganya paling mahal adalah beras jenis B

Reply
avatar
September 19, 2014 at 9:25 PM delete

Maaksih ya kak Dan, jago nih kakak...
Oh ya Kak Dan,begini saay kan ditugaskan sekolah mencari sebuah permasalahan yang mengacu pada empat variabel,bisa dibantu kak?

Reply
avatar
September 20, 2014 at 2:03 PM delete

sama sama... saya juga masih belajar kok...
wow 4 variabel... rumit donk nanti ^^... yah dibuat saja yang sederhana
A + B + C = 15
A + B + D = 16
A + C + D = 17
B + C + D = 18
Tentukan nilai dari ABCD (maksudnya A kali B kali C kali D)

Reply
avatar
June 10, 2015 at 12:39 PM delete

Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja Bank Tabungan Negara (BTN)

Reply
avatar
July 26, 2015 at 10:25 PM delete

Sip kak. Keren. Jadi situs website nomor satu dipencarian ku . nambah ilmu.

Reply
avatar
August 10, 2015 at 7:53 PM delete

mau nanya nihh .. kalo √x√x√x itu cara ngerjainnya gmna yaaa ? Thanks bfore

Reply
avatar
August 12, 2015 at 3:53 PM delete

maaf itu maksudnya ngerjain gimana? apakah disuruh menyederhanakan?

Reply
avatar
August 16, 2015 at 7:18 AM delete

Itu yang nomor 1 x pangkat 3 jadi X pangkat 6 caranya bgaimana?

Reply
avatar
August 16, 2015 at 2:04 PM delete

kedua ruas di kuadratkan... ^^... ruas kiri kuadrat ... ruas kanan kuadrat .

Reply
avatar
August 18, 2015 at 3:36 PM delete

Mau tanya.. ada tugas nih.. "Tentukan nilai 25 pangkat 2x-2 Jika diketahui 5 pangkat x = 4!" Bagaimana cara mengerjakannya? Trims

Reply
avatar
August 18, 2015 at 5:20 PM delete

gunakan sifat perpangkatan..
25 = 5 pangkat 2 ... jadi nanti soal berubah 5 pangkat (4x-4) = 5 pangkat 4x kali 5 pangkat -4
untuk 5 pangkat 4x akan berubah menjadi 5 pangkat x dipangkatkan lagi 4 ...
jadi (4!) pangkat 4 kali 5 pangkat -4 silahkan dilanjutkan sampai dapat hasil sederhananya

Reply
avatar
August 23, 2015 at 4:17 PM delete

untuk yg 1c ...menemukan akar dari polinom pangkat 3 bgmn caranya...mohon dijelaskan erima kasih

Reply
avatar
August 23, 2015 at 9:30 PM delete

untuk yang 1 c emang sulit menentukan akar dari polinom pangkat 3 .. apalagi tidak dapat difaktorkan .... itu saya dapatkan dengan bantuan aplikasi

Reply
avatar
August 28, 2015 at 3:16 PM delete

Yg no 6 kok bisa jd akar 49 ditambah akar 5 dan seterusnya??? Mohon pencerahahnya.. trims

Reply
avatar
August 28, 2015 at 4:27 PM delete

Disini kita mencari 2 buah bilangan yang kalau dijumlah hasilnya 54 dan jika dikali hasilnya 245... yaitu 49 dan 5

Reply
avatar
September 21, 2015 at 2:49 PM delete

maaf pak mau menanyakan nomer 7. langkah awal untuk mengerjakannya bagaimana? terimakasih

Reply
avatar
September 21, 2015 at 3:28 PM delete

soalnya kan didepannya (3 + 4) nah saya balik jadi (4 + 3) ...
terus diakalin yaitu saya kalikan dengan (4 - 3) yang nilainya 1 , dengan kata lain tidak mengubah soal cuma manipulasi aja
selanjutnya (4 - 3)(4 + 3) hasilnya akan menjadi (4^2 - 3^2) sesuai bentuk selisih kuadrat (dari materi pemfaktoran)... dilanjutkan terus deh sampai sesuai soal
semoga dapat dipahami

Reply
avatar
September 26, 2015 at 10:47 AM delete

untuk yang 1c itu pake aplikasi apa ya pak?

Reply
avatar
September 26, 2015 at 8:12 PM delete

tidak ada aplikasi... hanya kalkukator aljabar wolfram

Reply
avatar
Anonymous
October 4, 2015 at 9:12 PM delete

Sangat membantu utk persiapan uts, terimakasih kak

Reply
avatar
August 3, 2016 at 8:06 AM delete

Apa saya boleh minta alamat Email pribadi, untuk berdiskusi lebih byk ttg soal soal matematika, bantuan Anda akan sangat membantu, terimakasih.

Reply
avatar
August 4, 2016 at 9:49 AM delete

bisa di email di banditzs@outlook.com

Reply
avatar
August 28, 2016 at 2:16 PM delete

1.) Pada awal tahun , Rony menabung uang di bank sebesar Rp.125.000
Ia menyimpan uang tersebut selama 8 tahun. Berapakah jumlah uang Rony padaa akhir tahun kedelpaan jika bank memmberi suku bunga majemuk 6% setahun

2. ) Pak Thomas menabung Rp. 2.000.000 selama 5 tahun dengan bunga 12% per tahun . Jika perhitungan bunga tiga bulanan, berapakah besar bunga yang diterima pak thomas

Tolong gan dan lajanto

Reply
avatar